Powered by Blogger.
===================================================================
Assalamualaikum Sobat Saham Ceria,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Untuk meningkatkan kemampuan menulis sobat, silahkan tulis artikel mengenai pasar atau saham, cara kamu memahaminya, suka duka, awal mula, cita-cita, harapan, kesalahan hingga cara memperbaikinya, bedah buku / tulisan trader lain, mitos, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuliskan.

Lebih disukai yang berisikan pengalaman ataupun paparan yang sarat dengan logika dan argumen yang kuat, sehingga sobat lain bisa belajar dari pengalamanmu itu.

Kirimkan tulisan kamu ke sahamceria1@gmail.com dengan format :

Nama penulis : boleh nama pena ataupun nama asli
Email :
Link Blog : (kalau ada)
Judul :
Uraian :
Referensi : (kalau ada)

Panjang tulisan antara 4000-5000 karakter. Tulisan yang menarik akan saya posting di blog ini. Dulu saya memulai untuk memahami pasar ini lewat menulis. Siapa tahu kamu pun juga begitu.

Semoga sukses dan salam trader!
===================================================================

IHSG Review 29-08-2015

Posted by Saham Ceria

IHSG Review 29-08-2015

Kita sudah melalui satu siklus lengkap dari Elliot Wave. Fase bearish IHSG sudah berlangsung lebih kurang 4,5 bulan lamanya. Intermediate Wave (5) of Primary Wave ((5)) of Cycle Wave C telah terbentuk dan sekarang ini sudah memasuki siklus baru IHSG dengan target resisten 4788-4815. Posisi stochastic sudah overbought menandakan jenuh beli. Maka kemungkinan IHSG akan terkoreksi sedikit ke level 4416 (level optimis) atau 4263 (level pesimis). Volume bottom terlihat cukup besar menandakan volatilitas harga pada area tersebut sangat tinggi. Itu khas pada area bottom. Hal yang lebih kurang sama juga sering ditemukan pada area puncak.

Sejatinya kita sudah memasuki fase bullish, namun belum ada gambaran apapun akan seberapa tinggi IHSG tahun ini karena belum bisa diukur lewat grafik. Karena itu jangan gegabah dan lengah dalam memilih saham. Fase bullish IHSG bukan berarti semua saham akan rally. Pilihlah saham secara baik agar hasilnya memuaskan. Bukan berdasarkan tebak-tebakan, apalagi untung-untungan.

Kalau ditanya apakah situasi pasar sudah aman, maka saya tentu menjawab belum sepenuhnya aman. Kita masih menantikan keputusan The Fed soal rate di bulan September atau Oktober mendatang. Dan seperti biasa, pasar bergerak naik dalam 'ketakutan'. Saya berikan tanda kutip karena memang begitulah pasar. Tak pernah membiarkan sesuatu yang pasti menjadi jelas, malah justru selalu dibuat tak jelas walaupun sudah pasti. Maka, tak usah terlalu difikirkan. Menarilah bersama pasar. Nikmatilah sajiannya. Ini bukan untuk diperdebatkan, melainkan untuk dinikmati. Ada banyak tulisan-tulisan di forum yang membuat saya eneg karena mereka sibuk memprediksi dan beropini overpesimis. Aneh, lucu, dan tragis. Mungkin itu ungkapan yang paling cocok untuk menggambarkan beragam opini-opini yang kelewat pesimis itu.

Ada satu penyakit trader yang susah hilangnya. Apa itu? Gengsi. Dunia saham itu sama seperti dunia bisnis kebanyakan. Ada yang egois. Ada yang sombong. Ada yang suka pamer. Ada yang rendah hati. Ada yang suka bagi ilmu. Jika kamu merasa lemah di bidang ini, kamu jangan malu-malu untuk bertanya sekedar mencari tahu, dan syukur-syukur ada yang mau mengajari. Percayalah. Ini bidang yang sangat sulit sekali. Kalau cukup rajin, bentuklah kelompok belajar berisikan 1-5 orang dan susunlah satu sistem trading terbaik yang kamu bisa. Setidaknya berfikir bersama-sama untuk mencari solusi lebih baik ketimbang berfikir sendirian. Tapi kalau kamu sibuk beropini negatif, menyalahkan pemerintah, menyalahkan ini itu, maka saya bisa pastikan sistem tradingmu pasti rusak parah. Tahukah kamu langkah pertama agar bisa menyusun sistem trading dengan baik adalah meyakini bahwa pasar selalu benar? Sudahkah kamu mengakuinya?

IHSG FNBS Review 29-08-2015

Asing mencatatkan volume beli bersih yang cukup besar setelah melakukan aksi jual besar-besaran beberapa hari sebelumnya. Ini tentunya menjadi sinyal positif buat IHSG ke depan. Semoga fase bullish ini menjadi jawaban buat mereka yang mau dengan sabar menunggu.

"Jenderal yang bijak tidak hanya membuat lapar musuh-musuhnya, tetapi juga penghargaan bagi prajuritnya dengan hasil-hasil kemenangan."

Disclaimer on.

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...