Powered by Blogger.
===================================================================
Assalamualaikum Sobat Saham Ceria,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Untuk meningkatkan kemampuan menulis sobat, silahkan tulis artikel mengenai pasar atau saham, cara kamu memahaminya, suka duka, awal mula, cita-cita, harapan, kesalahan hingga cara memperbaikinya, bedah buku / tulisan trader lain, mitos, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuliskan.

Lebih disukai yang berisikan pengalaman ataupun paparan yang sarat dengan logika dan argumen yang kuat, sehingga sobat lain bisa belajar dari pengalamanmu itu.

Kirimkan tulisan kamu ke sahamceria1@gmail.com dengan format :

Nama penulis : boleh nama pena ataupun nama asli
Email :
Link Blog : (kalau ada)
Judul :
Uraian :
Referensi : (kalau ada)

Panjang tulisan antara 4000-5000 karakter. Tulisan yang menarik akan saya posting di blog ini. Dulu saya memulai untuk memahami pasar ini lewat menulis. Siapa tahu kamu pun juga begitu.

Semoga sukses dan salam trader!
===================================================================

Over The Limit, Butuh Lebih Dari Sekedar Motivasi

Posted by Saham Ceria

Over The Limit, Butuh Lebih Dari Sekedar Motivasi
Agar bisa berhasil di pasar saham, dibutuhkan lebih dari sekedar motivasi demi menemukan sistem yang tepat dan cara eksekusi yang tepat pula. Dan untuk menemukan sistem semacam itu, mau tidak mau kamu harus jatuh bangun, terjengkang, terkapar, terluka parah, lalu bangkit lagi, tersungkur lagi, bangkit lagi, dan seterusnya, tapi sering kali yang terjadi hari demi hari performa trading malah makin parah dari sebelumnya, berkali-kali, berulang-ulang, hingga emosi memuncak karena merasa dibodohi pasar. Kegagalan sememangnya menjadi isyarat atas 2 tanda, yaitu pertama, kamu harus mundur atau kedua, kamu tetap ngotot maju dengan resiko yang tak sedikit. Sebelum kamu memutuskan untuk mundur, tidak ada salahnya lebih dulu kamu membaca beberapa kalimat motivasi berikut ini.

Ada beberapa kalimat motivasi yang saya sukai antara lain :
It always seems impossible until it's done.
(Sesuatu hal selalu terlihat tidak mungkin dilakukan sampai ia selesai dikerjakan.)
Nelson Mandela

You can't cross the sea merely by standing and staring at the water.
(Kamu tidak bisa menyeberangi laut hanya dengan berdiri dan menatap air. - Kamu harus melakukan sesuatu.-)
Rabindranath Tagore

A creative man is motivated by the desire to achieve, not by the desire to beat others.
(Seorang yang kreatif dimotivasi oleh keinginannya untuk mencapai sesuatu, bukan keinginan untuk mengalahkan orang lain.)
Ayn Rand

It does not matter how slowly you go as long as you do not stop.
(Tidak masalah seberapa lambat kamu melaju, sepanjang kamu tidak berhenti.)
Confucius

Most people achieved their greatest success one step beyond what looked like their greatest failure.
(Sebagian besar orang-orang mencapai sukses terbesarnya saat selangkah melampaui apa yang terlihat seperti kegagalan terbesarnya.-Keberhasilan terbesar adalah mengalahkan resiko / ancaman terbesar.-)
Jim Rohn

If you’ve never failed, you’ve never tried anything new.
(Jika kamu tidak pernah gagal, maka kamu tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.)
Einstein

If you want something you have never had, you must be willing to do something you have never done.
(Jika kamu menginginkan sesuatu yang tidak pernah kamu miliki, maka kamu harus mau melakukan sesuatu yang tidak pernah kamu kerjakan.-Berfikirlah di luar kotak.-)
Thomas Jefferson

You are never too old to set another goal or to dream a new dream.
(Kamu tidak pernah terlalu tua untuk mengeset tujuan lain atau memimpikan impian yang baru.)
Les Brown

If you want to conquer fear, don't sit home and think about it. Go out and get busy.
(Jika kamu ingin mengalahkan rasa takutmu, jangan hanya duduk dan berfikir. Pergilah keluar dan sibukkan dirimu. -Ini merupakan tehnik menemukan ide-ide baru.-)
Dale Carnegie

The people who influence you are the people who believe in you.
(Orang-orang yang mempengaruhimu adalah orang-orang yang percaya padamu. -Mereka merupakan orang-orang yang yakin bahwa kamu bisa. Kamu hanya akan butuh mereka, tak lagi butuh pengakuan dari orang-orang lain.)
Henry Drummond

I don't believe you have to be better than everybody else. I believe you have to be better than you ever thought you could be.
(Aku tidak percaya kamu harus lebih baik dari orang lain. (Tapi) aku percaya kamu harus lebih baik dari yang kamu rasa kamu bisa.)
Ken Venturi

Success is the only motivational factor that a boy with character needs.
(Sukses hanyalah faktor motivasi yang dibutuhkan bocah berkarakter.)
Woody Hayes

Takut gagal dan ingin sukses sudah seperti waham, ingin diakui oleh orang lain, ingin dibilang cantik, ingin dibilang kaya, ingin dibilang sukses, ingin dibilang jago, ingin begini, ingin begitu, ingin ini, ingin itu banyak sekali, dan sebagainya. Tak salah jika dikatakan "ingin sukses" hanya motivasi untuk seorang bocah. Motivasi yang sebenarnya tidak datang dari sana. Karena yang sebenarnya sukses dan gagal itu bersifat relatif, sama seperti cantik dan jelek, bersih dan kotor, pendek dan panjang, jauh dan dekat, tinggi dan rendah, dan sebagainya, yang selalu bersifat relatif, tergantung alat ukur yang digunakan, tergantung dari sudut mana kamu memandang. Saat Thomas Alva Edison bersikeras melanjutkan risetnya soal listrik, ia tak bercita-cita ingin jadi orang sukses. Cita-citanya hanya membuat penerangan yang cukup buat orang-orang. Ketika seorang ayah melangkah keluar untuk bekerja, ia tak bercita-cita menjadi orang sukses agar dipandang hebat oleh tetangga, melainkan untuk kebaikan dan masa depan anak dan istrinya. Di bursa saham pun begitu, yang disebut sukses itu bukanlah orang-orang dengan modal super besar, melainkan mereka yang dengan cerdik meletakkan uangnya di saham yang tepat dengan tehnik yang tepat pula. Soal bisa sukses atau tidak, itu tidak jadi soal lagi. Lakukan saja segala sesuatu dengan baik dan benar. Sesuatu yang sangat sederhana, tapi akan terlalu sulit dipahami oleh orang yang sudah terlalu ingin sukses (baca : tamak).

Saat kamu merasa gagal, yang sebenarnya kamu masih mengira bahwa kamu gagal dan kamu merasa takut bahwa kamu benar-benar akan gagal nanti, padahal belum tentu. Coba tanyakan ke dirimu, apa alasanmu menyebut dirimu gagal? Rugi banyak? Tidak hanya kamu yang seperti itu. Tak juga mengerti analisis saham walaupun sudah bertahun-tahun belajar? Tidak hanya kamu yang mengalami itu. Tiap kali kamu merasa gagal, pahamilah bahwa itu masih sebatas halusinasi, kecuali kamu memutuskan untuk membuatnya menjadi nyata (dengan cara membiarkan diri tetap bodoh dan malas belajar).

Over The Limit, Butuh Lebih Dari Sekedar Motivasi
Entah disadari atau tidak, dalam mempelajari dan menyusun sistem yang benar-benar cocok membutuhkan usaha yang tak sedikit. Bahkan hampir-hampir bisa dibilang melampaui kemampuan berfikir manusia pada umumnya. Pasar selalu terlihat lebih cerdik, lebih cerdas, dan lebih mampu mengantisipasi gerakan pelaku pasar, bahkan tak jarang terkesan bisa memprediksi kejadian yang akan datang. Banyak analisis yang hanya akurat secara kebetulan dan meleset secara kebetulan juga. Butuh lebih dari sekedar motivasi untuk memahami hal itu semua. Kamu harus benar-benar punya niat dan tekad yang kuat untuk melakukannya. Percayalah, hal ini tak bisa dilakukan dengan setengah hati.

Tulislah di atas kertas apa yang menjadi keinginanmu yang paling tulus yang ingin kamu capai dengan cara trading di bursa saham. Sobat, tak usah terlalu memikirkan bagaimana caranya menjadi trader sukses, juga jangan terlalu takut bahwa kita akan gagal saat menjalani ini. Namanya pun berjuang, pasti akan ada jatuh bangun. Kalaulah jatuhnya disebut gagal, lantas sukses itu apa? Apakah sukses itu artinya tak pernah jatuh? Omong kosong. Setelah sukses, apakah yakin tak akan jatuh lagi? Omong kosong juga. Makanya ingat-ingat lagi, apa tujuan awalmu di sini.

Kalimat motivasi tidak hanya mendorong orang untuk berusaha lebih giat lagi, tapi yang terpenting kita bisa mengetahui dimana batas maksimal kemampuan analisis kita. Jika pada akhirnya kemampuan maksimal tak juga bisa mengantisipasi ganasnya bursa, jangan dulu berfikir akan keluar dari pasar. Sedapat-dapatnya carilah bantuan. Mintalah tolong ke orang lain untuk menganalisis saham untukmu, entah itu gratis atau berbayar. Itu jauh lebih baik ketimbang serta merta diartikan sebagai tanda bahwa kamu harus keluar dari bursa.

Semoga bermanfaat.

Related Post



Anonymous said...

luar biasa. saya suka motivasi dan tips yang om tech G ulas. sesuai realitas dan benar-benar membahas permasalahan trader. terus update terus ya om. saya selalu berkunjung

Tech Gear said...

Trims kunjungannya sob. Saya nulis buat nyalurin hobi saja. Senang kl memang dirasa bermanfaat.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...