Powered by Blogger.
===================================================================
Assalamualaikum Sobat Saham Ceria,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Untuk meningkatkan kemampuan menulis sobat, silahkan tulis artikel mengenai pasar atau saham, cara kamu memahaminya, suka duka, awal mula, cita-cita, harapan, kesalahan hingga cara memperbaikinya, bedah buku / tulisan trader lain, mitos, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuliskan.

Lebih disukai yang berisikan pengalaman ataupun paparan yang sarat dengan logika dan argumen yang kuat, sehingga sobat lain bisa belajar dari pengalamanmu itu.

Kirimkan tulisan kamu ke sahamceria1@gmail.com dengan format :

Nama penulis : boleh nama pena ataupun nama asli
Email :
Link Blog : (kalau ada)
Judul :
Uraian :
Referensi : (kalau ada)

Panjang tulisan antara 4000-5000 karakter. Tulisan yang menarik akan saya posting di blog ini. Dulu saya memulai untuk memahami pasar ini lewat menulis. Siapa tahu kamu pun juga begitu.

Semoga sukses dan salam trader!
===================================================================

Cara Menghasilkan 400% Per Tahun Dengan Trading

Posted by Saham Ceria

400%
Seorang teman berpendapat bahwa mereka yang berpenghasilan Rp100 juta sebulan dianggap sudah kaya raya. Lalu saya sesumbar menjawab, saya pun bisa menghasilkan segitu asalkan punya modal Rp1 milyar dan bisa cuan 2,41% setiap minggunya. Maka Insya Allah di akhir bulan sudah profit Rp100 juta (10% dari Rp1 milyar). Saya yakin tidak ada yang percaya tulisan saya itu, tidak pun saya, karena saya tidak memiliki uang sebesar Rp1 milyar. Omong besar, ya memang omong besar. Namun yang ingin saya sindir di situ adalah anggapan bahwa penghasilan Rp100 juta sudah dianggap kaya itu keliru sekali, karena ketika kita berbicara soal kaya, maka batasan penghasilan yang disebut kaya itu tidak ada. Bisa jadi yang berpenghasilan Rp5 juta pun sudah kaya raya. Bisa jadi yang berpenghasilan Rp500 juta pun belum juga kaya raya. Kenapa bisa begitu? Karena kaya tidaknya seseorang bukan soal seberapa banyak ia menghasilkan uang, tapi seberapa lancar cashflow yang mengalir masuk ke kantongnya. Sekalipun punya usaha Rp100 juta per bulan, tapi kalau kemudian bangkrut karena sakit atau beban hutang besar, akhirnya penghasilan Rp100 juta pun tidak menjadi tanda bahwa dia sudah kaya. Sekalipun berpenghasilan Rp5 juta per bulan, tapi lancar tanpa beban hutang, tercukupi kebutuhan hidup sehari-hari, itu pun sudah dikategorikan kaya raya.

Inilah tujuan investasi sebenarnya. Bukan seberapa banyak kamu menghasilkan uang, tapi seberapa lancar cashflow yang masuk ke dalam kantongmu secara konsisten hari ini, besok, dan seterusnya.


Sekarang coba perhatikan, dengan target 10% per bulan, mestinya per minggu harus ada profit 2,5% (10% / 4) kan? Ini kok malah 2,41%? Itu karena menggunakan perhitungan bunga majemuk. Cara menghitungnya sebagai berikut :

Langkah 1 : Tentukan modal awal. Misalnya : Rp10 juta
Langkah 2 : Tentukan target profit yang diinginkan. Misalnya : 10% per bulan.
Langkah 3 : Hitung modal akhir. Hasilnya : Rp10 juta + (10 juta x 10%) = Rp11 juta.
Langkah 4 : Bagi langkah 3 dengan langkah 1. Hasilnya : Rp11 juta / 10 juta = 1,1.
Langkah 5 : Tentukan periode. Misalnya : 1 bulan.
Langkah 6 : Hitung berapa kali periode majemuknya. Karena kita hendak menghitung berapa besar persentase yang harus dicapai tiap minggunya, maka periode majemuknya adalah 4x dalam sebulan. 
Langkah 7 : Bagi 1 dengan langkah 6. Hasilnya : 1 / 4 = 0,25.
Langkah 8 : Hitung hasil di langkah 4 pangkat langkah 7. Maka : 1,1^0,25 = 1.0241
Langkah 9 : Kurangi hasil langkah 8 dengan 1 dan kalikan 100%. Hasilnya : (1,0241 - 1 ) x 100% = 2,41%.

Mencari saham yang akan tumbuh 400% dalam setahun itu tentunya tidak mudah. Tapi mungkin kita bisa menempuh cara lain. Dengan menggunakan perhitungan yang sama, kita akan coba hitung berapa target profit ideal yang harus dicapai kalau kita ingin menghasilkan 400% per tahun dengan trading. Soal apakah kita bisa mencapainya atau tidak, itu tergantung keterampilan masing-masing. :D


Illustrasi Gain 400% Per Tahun
Keterangan :
Pada tabel di atas saya meringkas 9 langkah di atas ke dalam 3 langkah saja.
RoR = Rate of Return
Dari tabel di atas bisa kita lihat beberapa pilihan. Kalau memang sulit mendapatkan 3,41% setiap minggunya, kita mungkin bisa pilih yang bisa memberikan gain 6,94% dalam 2 minggu. Kalau masih sulit juga, coba pilih yang 10,58% dalam 3 minggu, dan seterusnya. Tulisan ini bukan sekedar cuap-cuap atau hitungan indah di atas kertas, karena saya pernah mempraktekkannya sendiri. Memang dituntut cermat dan pemilihan momentum harus benar-benar baik. Hasilnya 5% per minggu bisa diperoleh. Potensi profit saya naikkan dengan sedikit leverage sehingga profit 5% bisa naik jadi 7%. Dengan metode bunga majemuk ini, tanpa terasa dalam satu bulan portofolio saya tumbuh 30%. Tapi sayangnya tidak konsisten, sehingga saya menyadari bahwa mestinya strategi yang dijalankan jangan terlalu kaku. Dalam satu waktu kita mungkin bisa profit 3,41% per minggu, tapi dalam waktu lain, mungkin kita harus mengalah dan baru bisa kejar profit 10% dalam 3 minggu. Dengan mengkombinasikan periode ini, target akhir diharapkan tetap tidak berubah.

Cuma corat-coret logika. Silahkan dikembangkan sendiri sesuai selera masing-masing. Oh ya cara ini mungkin lebih cocok buat mereka yang modalnya masih langsing dan kurang cocok buat yang modalnya sudah tebal. Salam trader dan tetap semangat!!

Related Post



Unknown said...

selamat malam bang...
saya sdh menyimak beberapa tulisan abang...
dan membuka jalan pikiran saya...

saya sdh terjun ke dunia saham setahun... tapi sy blm menemukan acuan utk saya...
setelah saya mencoba strategi abang sy sdh merasakn dampaknya... walaupun blm seberapa.. tapi alhamdulillah ada perubahan...

abang sy mohon ijinkan sy bljr trading saham pada abang...

salam hormat bang...

Tech Gear said...

Saya bersyukur kl tulisan saya bisa membantu. Memang saya ga menjelaskan strategi trading saya, tp lebih cenderung menceritakan mindset yg saya anut. Krn saya yakin awal sukses trading ini dimulai dr mindset yg bener. Kl ternyata tulisan saya mampu menginsipirasimu untuk menyusun strategi sendiri, itu lah yg saya harapkan sebenarnya.

Problemmu sama dgn hampir semua rata2 pelaku pasar. Menemukan acuan itu emg susah setengah mati. Ada yg berbasis fundamental, ada yg tidak. Tp kl bisa, awali dulu dari analisa fundamental, lalu perlahan mulai kombinasi dgn teknikal. Pelajari yg uptrend, sblm yg downtrend. Lakukan segala hal secara bertahap.

Saya ga tau apa yg kamu maksud dgn bljr trading saham pada saya, tp silahkan simak isi blog ini. Mudah2an km bisa menemukan apa yg kamu cari. Salam trader!

Unknown said...

Ga realistis ni !!!

Tech Gear said...

Trus masalahnya apa?

andri said...

wah... sangat membantu sekali tentang pemahaman saya yang masih belajar investasi saham... terima kasih atas tulisan-tulisan yang memotivasi di blog ini....

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...