Powered by Blogger.
===================================================================
Assalamualaikum Sobat Saham Ceria,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Untuk meningkatkan kemampuan menulis sobat, silahkan tulis artikel mengenai pasar atau saham, cara kamu memahaminya, suka duka, awal mula, cita-cita, harapan, kesalahan hingga cara memperbaikinya, bedah buku / tulisan trader lain, mitos, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuliskan.

Lebih disukai yang berisikan pengalaman ataupun paparan yang sarat dengan logika dan argumen yang kuat, sehingga sobat lain bisa belajar dari pengalamanmu itu.

Kirimkan tulisan kamu ke sahamceria1@gmail.com dengan format :

Nama penulis : boleh nama pena ataupun nama asli
Email :
Link Blog : (kalau ada)
Judul :
Uraian :
Referensi : (kalau ada)

Panjang tulisan antara 4000-5000 karakter. Tulisan yang menarik akan saya posting di blog ini. Dulu saya memulai untuk memahami pasar ini lewat menulis. Siapa tahu kamu pun juga begitu.

Semoga sukses dan salam trader!
===================================================================

Membuat Stock Screener Dengan FT.com

Posted by Saham Ceria

Financial Times
Membuat stock screener berdasarkan teknikal saham tentunya sudah banyak dilakukan. Software seperti ChartNexus, Metastock hingga Amibroker menawarkan fitur-fitur stock screener built-in s/d bikinan sendiri. Tapi bagaimana caranya men-screening berdasarkan analisa fundamental? Untuk memuat analisa fundamental satu per satu saham sudah pasti bukan pekerjaan yang ringan. Belum lagi beban mental, karena walaupun puluhan saham yang dianalisis tentunya yang dipilih hanya 3-4 saja. Karena itu kita butuh alat bantu supaya pekerjaan ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis.

Alat stock screener fundamental emiten ini bisa didapat secara gratis maupun berbayar. Yang gratis biasanya disediakan oleh masing-masing sekuritas. Ini merupakan layanan buat nasabah dan menjadi nilai lebih buat sekuritas tersebut. Bisa juga berbayar, seperti menggunakan RTI.co.id, yang menyediakan data keuangan mulai dari 5 s/d 10 tahun ke belakang dengan harga yang bervariasi, tergantung seberapa banyak fitur ditawarkan. Ada juga yang menggunakan Bloomberg Terminal yang harganya cukup wah!

Kali ini saya bahas cara membuat stock screener dengan FT.com gratis. Saya tidak tahu tingkat reliabilitas hasil screeningnya, tapi tidak ada salahnya kita coba. Ikut 8 langkah-langkahnya sbb :

Langkah 1 : Buka situs FT.com , lalu pilih tab Portfolio.

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 1


Langkah 2 : Register dulu. Dan pastinya gratis.

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 2

Langkah 3 : Setelah laman Portfolio terbuka, maka itu adalah dashboard kamu. Pilih tab Market Data > Equity Screener

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 3

Langkah 4 : Di laman Equity Screener ini banyak yang mau disetting dulu. Pada Regional Focus, pilih Asia Pacific > Indonesia. Ini kalau mau menscreening saham-saham Indonesia. Tapi kalau mau menscreening saham-saham China, ya pilih China. :D

Selanjutnya pilih sektornya. Karena saya tidak trading di sektor finansial, maka saya pilih semua sektor kecuali sektor finansial. Caranya dengan mengklik satu per satu sektor dan memilih All pada setiap sektor.

Di bawahnya ada Equity Atrributes. Ini merupakan ekuitas yang memenuhi syarat atribut yang diminta. Maka kita bisa memasukkan kriteria atribut yang kita suka dengan mengklik Add additional criteria.

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 4

Langkah 5 : Setelah mengklik Add addtional criteria, maka akan muncul tampilan Global Equity Screener. Nah, inilah screener fundamental dari FT.com itu. Pilih kriteria yang kamu inginkan. Saya biasanya memilih PER, PBV, PSR, dan Net Income (YOY). Saya tidak begitu suka dengan nilai growth. Karena itu yang berhubungan dengan nilai growth, saya abaikan.

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 5
Langkah 6 : Jika kriteria sudah dipilih, maka saatnya memasukkan nilainya. Mengadopsi dari blog Parahita, kriteria saya : PER < 20, PBV < 0.75, PSR < 1.75, Net Income (YOY) -2 s/d 350. Untuk memasukkannya, klik Enter specific values. (Pada contoh di bawah ini saya cuma menggunakan kriteria PBV dan PSR saja.)

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 6

Maka akan berubah menjadi seperti ini :

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 6a

Setelah kriteria dimasukkan, maka jangan lupa pilih Save criteria. Ini untuk menghindari memasukkan kriteria ini berulang-ulang. Setelah itu baru pilih View.

Langkah 7 : Dan hasilnya... tadaaaaaa!!

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 7

Langkah 8 : Nanti kalau kamu logout, kriteria yang sudah disimpan itu akan muncul di Equity Screener (lihat langkah no.4 di atas), lalu pilih tab Your saved screens. Di situ kriteria yang kamu simpan tadi, beserta jumlah saham yang terfilter secara otomatis dan juga terupdate secara otomatis pula.

Membuat Stock Screener Dengan FT.com - 8

Oke. Selamat mencoba dan selamat berfundamental ria.

Related Post



lauraisreal said...

Kog saya ga bisa login ya? Padahal sdh register dan dpt email confirmation. Kl mau login error terus dan diarahin untuk subscribe. Mohon penjelasannya.

Tech Gear said...

kl udah dpt email konfirmasi, coba cek apakah ada linck pengaktifan disitu? kl ada, coba klik link di email tsb buat mengaktifkan akunnya. nanti stlh itu baru bisa login.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...