Powered by Blogger.
===================================================================
Assalamualaikum Sobat Saham Ceria,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Untuk meningkatkan kemampuan menulis sobat, silahkan tulis artikel mengenai pasar atau saham, cara kamu memahaminya, suka duka, awal mula, cita-cita, harapan, kesalahan hingga cara memperbaikinya, bedah buku / tulisan trader lain, mitos, dan sebagainya. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuliskan.

Lebih disukai yang berisikan pengalaman ataupun paparan yang sarat dengan logika dan argumen yang kuat, sehingga sobat lain bisa belajar dari pengalamanmu itu.

Kirimkan tulisan kamu ke sahamceria1@gmail.com dengan format :

Nama penulis : boleh nama pena ataupun nama asli
Email :
Link Blog : (kalau ada)
Judul :
Uraian :
Referensi : (kalau ada)

Panjang tulisan antara 4000-5000 karakter. Tulisan yang menarik akan saya posting di blog ini. Dulu saya memulai untuk memahami pasar ini lewat menulis. Siapa tahu kamu pun juga begitu.

Semoga sukses dan salam trader!
===================================================================

IHSG Review 06-12-2014

Posted by Saham Ceria

IHSG Review 06-12-2014

Minggu lalu saya melakukan kekeliruan analisa, karena lupa membahas tentang 2 gap besar di IHSG. Ketidakcermatan itu membuat hasil akurasi analisanya menjadi 'payah'. Walaupun posisi hitungan Elliot Wavenya tidak berubah, namun target resisten yang semestinya dengan mudah ditandai, justru tak berhasil ditebak gara-gara mengabaikan posisi 2 gap tersebut. Sebagai tambahan, gap merupakan pola teknikal yang penting dan sememangnya tidak boleh diabaikan. Oke sekian intermezzo permintaan maaf saya.

Dari grafik IHSG saat ini terlihat bahwa IHSG sudah mengisi kedua gap tersebut. Dengan demikian, pergerakan selanjutnya diprediksi akan rawan koreksi. Akan ke berapa kira-kira target koreksi IHSG? Dengan asumsi pasar masih bertahan di atas pola breakout Broadening, maka kemungkinan target koreksinya ada di 5103-5114. Jika kita perhatikan volume IHSG yang semakin meningkat, terkesan bahwa kenaikan IHSG ini ditopang oleh volume yang kuat. Tapi dalam banyak hal, jumlah volume IHSG ini mudah dimanipulasi. Untuk itu saya membutuhkan grafik FNBS agar bisa melihat volume 'asli' yang sebenarnya.


IHSG FNBS Review 06-12-2014

Di grafik FNBS IHSG ini kita bisa melihat bahwa investor asing terus membukukan jual bersih di saat IHSG merangkak naik. Ini tentunya bukan pertanda bagus. Aksi jual tersebut berada pada rentang kurang dari 200 juta lembar (catatan : spike volume tanggal 25 November 2012 tidak masuk hitungan). Terlihat kurang besar memang, tapi belum bisa disimpulkan demikian karena aksi jual biasanya baru meningkat kalau IHSG sudah mulai bergerak turun.

Koreksi ini dibutuhkan untuk mengatur ulang portofolio yang mungkin dirasakan sudah kurang sehat, atau kurang ideal, dalam rangka mengantisipasi pertumbuhan ekonomi tahun 2015 nanti.

Related Post



Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...